Mungkin saja selama anda bekerja, anda sudah menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang anda impikan. Misalnya membeli perabotan rumah baru, ponsel baru, pakaian baru, sepatu baru dll. Apakah Anda akan menghabiskan uang gaji Anda dengan membeli barang-barang yang kurang begitu penting? Saya rasa tidak. Keinginan tersebut hanyalah semu. Masih ada kebutuhan lain yang harus anda rencanakan .Saya punya sedikit tips untuk mengatur keuanganmu. Yuk, Atur uangmu!


Mengatur Pengeluaran


     Pengeluaran menjadi hal yang perlu kamu perhatikan dalam manajemen keuangan anda. Aturlah sebaik mungkin pengeluaran anda. Namun bukan berarti anda tak bisa menikmati uang gaji. Anda juga wajib menikmati gaji anda sendiri. Beli barang yang memang anda butuhkan. Buat anggaran pengeluaran maksimal 40 persen termasuk pengeluaran memanjakan diri.



Sumber Gambar


Laporan Keuangan


      Membuat laporan keuangan juga menjadi hal penting dalam mengatur keuangan pribadi. catat setiap pemasukan dan pengeluaran anda termasuk jumlah kebutuhan harian. Misalnya kebutuhan makan tiap hari. Mungkin ini terdengar sepele, namun dengan membiasakan mencatat laporan keuangan, Anda akan lebih menghargai setiap uang yang anda keluarkan.


Asuransi


     Sudah menjadi kewajiban anda untuk mengikuti asuransi. Asuransi akan memproteksi keadaan finansial anda. tentu anda tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Ada beberapa jenis asuransi yang ada di Indonesia. pilihlan asuransi yang tepat dan terpercaya. Sinarmas MSIG Life contohnya.




Investasi


     Investasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan anda. Sisihkan sekitar 30 persen dari penghasilan anda untuk berinvestasi. Jika memang gaji anda cukup besar, cobalah melakukan investasi dalam bentuk saham atau properti. Namun, Anda juga harus belajar cara mengatur dan mengawasi investasi tersebut, Sebaliknya jika dana anda terbatas, Anda bisa berinvestasi dalam emas atau deposito


Menabung


     Menabung menjadi salah satu kewajiban anda dalam pengelolaan keuangan yang baik. Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari menabung. Di hari tua nanti pasti Anda ingin kehidupan yang lebih tenang sambil menikmati hidup bersama istri dan anak-anak tercinta. Sebaiknya tentukan target usia Anda bebas finansial. Semakin banyak uang yang terkumpul dalam tabungan, semakin cepat pula anda akan bebas secara finansial. Untuk menabung, ada baiknya Anda menyisihkan 10 persen dari gaji anda setiap bulannya.Caranya, Anda bisa membuat rekening tabungan yang terpisah dengan rekening yang biasa Anda gunakan untuk bertransaksi. 

Pastikan anda selalu menggunakan rekening tabungan dengan bijak.

Dana cadangan


     Dana cadangan akan memfasilitasi Anda di saat ada hal-hal yang tak terduga. Misalnya saat ada anggota keluarga yang sakit atau mengalami kecelakaan. Anda bisa memberikan dana tersebut untuk pengobatan. Sisihkan sekitar 10 persen dari gaji anda untuk dana cadangan.
Tak hanya itu, anda juga bisa memanajemen uang dengan menaruh uang dalam amplop yang akan anda gunakan untuk berbagai keperluan atau kebutuhan selama sebulan. Dalam hal ini Anda harus cermat dalam menggunakannya. Buat komitmen bahwa anggaran tersebut adalah anggaran maksimal yang perlu di keluarkan. Jangan sekali-kali menarik uang dalam rekening tabungan anda.

Demikian tips-tips untuk mengatur keuanganmu , Semoga bermanfaat.



Next
This is the most recent post.
Older Post

1 komentar:

  1. It's okay bisa dicoba ustadz, apalagi tips buat emak emak 😎

    ReplyDelete